▴Jasa Pembuatan Website murah▴
Breaking News
- Spiderwoman dari Grobogan Raih Medali Emas Asian Games 2018
- Dijual Mahal, Samsung Galaxy Note 8 Lebih Laku dari Galaxy S8
- Ahli Kejiwaan Sebut Marshanda Keterlaluan
- 5 Buah Penangkal Racun dalam Tubuh
- ROBOT Kecil Cikal Bakal Transformer
- Apple iWatch Bakal Dirilis Bulan Depan
- Pentax Q-S1 Kamera Mirorless Style Retro
- Risma Akan Tolak Tawaran Jadi Menteri
- Jokowi janji mati-matian bela Palestina
- Gereja Tampung Pengungsi Muslim Palestina
Cokelat Hitam Turunkan Tekanan Darah
Berita Terkait
- Orang Beriman Kondisi Fisik n Mentalnya Lebih Sehat0
- 4 Alasan Kenapa Memaafkan Penting Bagi Kesehatan0
Berita Populer
- Jokowi janji mati-matian bela Palestina
- Usai China, Indonesia Tuan Rumah Miss World 2013
- Marvel Umumkan Jadwal Rilis "The Avengers 2"
- Astagfirullah, Festival Wine Digelar di Halaman Masjid
- Risma Akan Tolak Tawaran Jadi Menteri
- Makanan Penyumbang KegemukaN
- 4 Teknologi yang Bakal Bertahan Sampai 2030
- Cokelat Hitam Turunkan Tekanan Darah
- Fatima Nabil, Presenter TV Berjilbab Pertama di Mesir
- "Expendables 2" Impian Jean Claude Van Damme

Cokelat hitam sudah lama diketahui manfaatnya bagi kesehatan. Hasil analisa terhadap 20 studi menunjukkan, konsumsi cokelat hitam setiap hari akan menurunkan tekanan darah.
Penelitian yang dilakukan The Cochrane Group melaporkan, zat aktif dalam cokelat bermanfaat untuk membuat pembuluh darah lebih rileks. Akibatnya, tekanan darah pun turun.
Zat aktif yang punya efek positif tersebut adalah flavonol, yang di dalam tubuh akan menghasilkan zat kimia oksida nitrat dan membuat pembuluh darah lemas sehingga darah lebih lancar bersirkulasi.
Analisis yang dibuat tersebut mengombinasikan beberapa penelitian sebelumnya untuk mengetahui ada tidaknya efek cokelat bagi tekanan darah. Cokelat hitam yang dikonsumsi partisipan dalam penelitian itu cukup banyak, antara 3 gram sampai 105 gram setiap hari.
Namun penurunan tekanan darah yang dihasilkan tidak terlalu besar, hanya 2-3 mmHg. Akan tetapi penelitian hanya dilakukan selama dua minggu sehingga tidak diketahui dampaknya dalam jangka panjang.
"Meski kami belum mendapat bukti adanya efek jangka panjang penurunan tekanan darah, tetapi penurunan sedikit dalam jangka pendek ini mungkin dalam jangka panjang bisa berkontribusi pada penurunan risiko penyakit jantung," kata Karin Ried, dari National Institute of Integrative Medicine di Melbourne, Australia.
Tekanan darah tinggi cukup banyak diderita dan diperkirakan menjadi penyebab terbanyak stroke dan penyakit jantung.
Bila Anda ingin mendapatkan manfaat dari cokelat hitam, sebaiknya pastikan produk yang dibeli mengandung cokelat dalam jumlah tinggi karena kebanyakan produk di pasaran lebih banyak kandungan gula dan lemaknya.
Selain cokelat, kacang, aprikot, blackberries, dan apel juga mengandung flavonol meski kadarnya lebih rendah daripada cokelat.
Write a Facebook Comment
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook
View all comments









